Rabu, 11 Januari 2012

BAHAN BAKU KIMIA

• KIMIA INDUSTRI
• KIMIA FARMASI
• KIMIA AGRICULTURAL
• KIMIA TEXTIL
• KIMIA PIQMEN COLOUR
• KIMIA INSECTISIDA DAN PESTICIDA

KIMIA INDUSTRI 
Seiring sejalan perkembangan dan kemajuan jaman banyak sebuah industri atau pabrik-pabrik didirikan di berbagai Negara. Industri tersebut dengan berbagai macam-macam produksinya sesuai dengan kebutuhan manusia dan industri tersebut rata-rata 90% menggunakan bahan-bahan kimia untuk kebutuhan produksi. Industri tersebut baik dalam bentuk kimia bahan baku atau material produksi maupun bahan baker untuk mesin produksi atau teknik industri. Bahan baku kimia itu sendiri banyak jenisnya tinggal tergantung aplikasi atau fungsi dan kegunaanya sesuai kebutuhan produksi industri tersebut.

KIMIA FARMASI
Didalam kehidupan manusia wajar sajah kalau manusia akan terserang sebuah penyakit, tetapi manusiapun tetap selalu mempelajari cara-cara untuk menyembuhkan sebuah penyakit tersebut, tinggal tergantung penyakit yang diderita oleh manusia itu sendiri. Kimia farmasi adalah salah satu kimia yang mempelajari atau memproduksi obat-obatan baik untuk mencegah maupun mengobati sebuah penyakit si penderitanya, rata-rata obat-obatan farmasi di formulasi khusus oleh para ahli dan diawasi ketat oleh departemen kesehatan. Salah satu contoh bahan kimia farmasi yang digunakan untuk pembuatan obat-obatan. Asam Sitrat Monohidrat Kegunaan : Pengasaman dalam farmasi, synergi untuk antioksidan Informasi : Diperoleh dari hasil extrak jeruk lemon, nanas atau fermentasi tetes dengan Aspergillus Niger

KIMIA AGRICULTURAL
Indonesia adalah negara agraris (yang mayoritas sebagian besar wilayahnya dijadikan lahan pertanian) banyak langkah dan sebuah cara oleh para petani untuk menuai hasil panen yang memuaskan. Langkah dan cara tersebut adalah : Memberikan pupuk terhadap tanaman yang ditanamnya baik menggunakan pupuk organik maupun non-organik. Kimia agricultural, kimia yang mampu membantu menggemburkan tanah dan menyuburkan tanaman, ada yang dengan cara di taburkan juga di semprotkan disebut pupuk ures.

KIMIA TEXTIL 
Ketika keruntuhan manusia semakin banyak. Di jaman era globalisasi selain pangan dan papan, sandang pun menjadi prioritas utama dalam kebutuhan hidup manusia, banyak manusia berfikir menciptakan konsep dan sistem untuk memproduksi bahan textil dan mendirikan pabrik textil umumnya ketika memproduksi bahan-bahan textil harus disertai penggunaan bahan-bahan kimia. Untuk textil dari mulai tahap awal Washing Softener (cuci pelembut) sampai Direct Agent (pewarnaan atau pemekatan warna) dengan menggunakan sistem dan teknik juga pencampuran kimia untuk mencapai hasil yang sempurna.

KIMIA PIQMEN COLOUR
Adalah kimia pewarna untuk mewarnai suatu benda atau produk yang akan di warnai agar supaya lebih menarik ketika dilihat oleh mata, piqmen colour terbagi menjadi 2 : 1. Pewarna Basis Air (yang larut dengan air tidak larut dengan minyak) 2. Pewarna Basis Oil (yang larut dengan minyak tidak larut dengan air)

KIMIA INSECKTISIDA PESTICIDA
Didalam sentra pertanian dari mulai bercocok tanam sampai menuai hasil panen terkadang tumbuh kembangnya tanaman banyak mengalami gangguan. Seperti hama, ulat, benalu dan lain-lain. Bahan kimia insecktisida dan pesticide di formulasi khusus untuk membasmi hama dan lain-lain, karena bersifat racun.

KIMIA SABUN
Adalah kimia yang unsurnya surfacktan atau (poambuster) zat aktif yang memiliki kemampuan untuk membersihkan berbagai macam sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia di dalam kehidupan sehari-hari contoh sabun cuci piring. Untuk membersihkan perabot atau alat-alat rumah tangga, sabun mandi untuk membersihkan tubuh kita dan sebagainya.

KIMIA WATER TREATMENT Bahan-bahan kimia yang fungsinya untuk menjernihkan air yang terkontaminasi dengan kotoran-kotoran limbah. Baik limbah karena perubahan cuaca maupun limbah pembuangan hasil produksi pabrik. Biasanya sistem cara kerjanya melalui 3 proses. 1. Klorinisasi 2. Koagulasi 3. Filterasi

KIMIA UMUM : Adalah bahan-bahan kimia yang bias digunakan untuk membuat produk-produk kebutuhan yang dipakai oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari, contohnya : bahan-bahan atau produknya digunakan untuk mandi, mencuci perabot rumah tangga juga mencuci pakaian.

KIMIA SABUN : Adalah kimianya unsurnya surfaktan (foambuster) memiliki kemampuan untuk membersihkan berbagai macam sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia di dalam kehidupan sehari-hari.

0 komentar:

Poskan Komentar